Dia, yang namanya skripsi

Selama gw hidup baik itu di masa perkuliahan atau masa gw masih sekolah pake seragam, gw selalu kesel sama orang yang selalu ngebahas skripsi ga selesai selesai lah, banyak revisi lah, dosen sulit ditemui untuk bimbingan lah, dan segala macemnya. Gw selalu mikir, "kalo ga selesai ya selesaiin, kalo banyak revisi ya diperbaiki, kalo sulit ditemui ya lo usaha semaksimal mungkin, manfaatin waktu lo ketika bisa ketemu dengan sebaik baiknya biar gaperlu sesering itu untuk ketemu mulu.." ya begitulah, gw adalah tipe orang yang suka nge-yaelah-in orang.

Dan semua itu berubah, ketika gw sendiri ditimpa hal ini. Skripsi.

Gw bukannya mau fokus ngebahas skripsi gw yang ga selesai-selesai atau revisi yang banyak (dimana gw belum pernah setor skripsi gw untuk direvisi), bukan juga ngebahas dosen pembimbing karena dosen pembimbing gw juga ga sulit untuk ditemui. Beliau baik banget udah selayaknya malaikat selama gw di kampus.

Walaupun skripsi gw emang ga selesai-selesai, sih. Sebenernya.

Gw akan memulai dengan gimana gw bisa berada di titik sekarang ini, nulis ini, dan seluruh kesedihan ini. Gw adalah mahasiswa angkatan 2012 jurusan Perikanan program studi Teknologi Hasil Perikanan UGM. Hari-hari gw diperkuliahan gw lalui dengan yaudah gitu-gitu aja sambil berpegang teguh pada mind map jangka waktu 10 tahun kedepan yang gw bikin untuk tugas ospek fakultas dulu. Diantaranya gw nulis gw harus aktif organisasi (yang gak gw laksanakan karena gw kurang pas dengan prinsip segala rupa organisasi yang ada di fakultas gw), ikut kepanitiaan acara kampus (yang gw laksanakan dengan rajinnya, sebanyak itu mau lingkup jurusan, fakultas atau universitas), dapet beasiswa (alhamdulillah, walaupun cuma untuk satu semester, terima kasih PT. Matahari Sakti), ikut pertukaran pelajar ke luar (alhamdulillah, salah satu turning point paling signifikan dalam hidup gw), punya temen di tiap fakultas di UGM setidaknya 2 orang (yang ternyata gw belum punya temen dari Fakultas Farmasi), lulus di bulan Agustus 2016 (yang dengan sedihnya, kandas) dengan IPK cumlaude (yang... gw gatau apakah ini bisa gw capai atau kandas juga?), masih banyak lagi hal yang gw targetkan di 10 tahun kedepan, yang masih menjadi misteri, yang merupakan buah dari idealisme gw.

Wisuda Agustus 2016. Gw cuma bisa senyum pahit aja liat kalender, liat hari demi hari berlalu begitu saja.

Gw dan segala perskripsian ini sebenernya bisa aja bersatu, jalan beriringan. Tapi gwnya malah belok kanan, dimana harusnya lurus lurus aja. Walaupun gw ga nyesel ambil jalan kanan, karena ujungnya gw juga ketemu tujuan akhir perjalanannya. Cuma waktunya aja yang belum terdefinisi. Atau udah, dan gwnya yang jalan dengan kecepatan dibawah normal. Di Perikanan UGM, untuk sampe tahap lo ngerjain skripsi, ada yang namanya seminar usulan penelitian, yang lo presentasikan di hadapan temen-temen dan dosen. Begitu pulang dari Thailand dan setelah gw menyelesaikan urusan KKN gw yang penuh lika-liku, gw bener-bener clueless dengan apa yang akan gw kerjakan untuk skripsi. Temen-temen satu pembimbing gw udah pada sibuk ngelab, temen-temen gw yang lain juga. Bukannya gw gatau mau ngerjain apa, gw tau gw mau fokus di bidang mikrobiologi, tapi gw masih menunggu judul dari pembimbing, rangkaian proyek besar laboratorium. Sampe pada akhirnya, di H-2 pengumpulan draft usulan penelitian, gw mendapatkan judul dari pembimbing gw, yang rencananya akan gw lakukan setengah di UGM dan setengah di Thailand. Gw kerjain dengan super kilat dan tanpa dibaca lebih lanjut sama pembimbing, beliau langsung tanda tangan dan gw kumpul. Keluarlah jadwal maju gw seminar, beberapa hari kemudian.

Sambil nunggu gw maju seminar, gw mulai ngelab sama temen yang satu bakteri sama gw. Sebenernya gw nimbrung doang, dia udah mulai dari beberapa waktu lalu. Namanya juga gw baru dapet dari dosen, mau gimana lagi. Bisa berkata apa gw. Beberapa hari sebelum gw maju seminar usulan penelitian, suatu hari di bulan April gw dipanggil sama dosen gw, dari intinya pembicaraan beliau bilang untuk gw mengerjakan penelitian di LIPI Bandung, karena disana ada fermentor. Seharusnya penelitian di Bandung ini akan dikerjain sama senior gw, tapi beliau sudah lulus dan ga ada yang menaungi kalau udah jadi alumni. Kalau nunggu angkatan 2013, masih terlalu lama. Fermentor di UGM sesungguhnya ada tapi belum bisa digunakan untuk mahasiswa S1. Atau apa gw juga ga gatau alasannya. Dan gw gatau, kenapa gw iyain untuk ngerjain penelitian ini yang akan jadi isi skripsi gw.  Waktu berjalan dan gw super ribet urus surat-surat untuk perizinan ngelab disana. Gw juga super heboh cari literatur sana-sini, karena ini pertama di kampus gw, hmm di jurusan gw maksudnya.

Awal Juli 2016. Setelah semua urusan beres, gw juga sudah maju seminar usulan penelitian, gw pergi ke Bandung. Kotanya emang ga asing bagi gw, tapi ini bener-bener pertama kalinya gw pindah lagi ke kota lain di Indonesia. Gw cuma 2 hari disana, liat-liat alat dan kenalan sama beberapa peneliti disana. Abis itu gw langsung berangkat ke Jepang, ada program yang gw ikutin (Alhamdulillah, gw gapernah berhenti bersyukur untuk segala kesempatan ini).

Agustus 2016. Gw kembali ke LIPI untuk memulai perjalanan gw di penelitian ini. Disaat temen gw beberapa udah beres sidang dan ikut wisuda batch Agustus, yang merupakan impian gw, gw masih stuck di laboratorium, gw masih ngurusin bakteri gw yang tumbuhnya berantakan, kadang tumbuh, kadang enggak. Gw masih sibuk bikin koloidal kitin yang ga netral-netral. Gw cuma sedih aja waktu temen-temen ngeshare foto wisuda mereka, kayak... yah... gw juga mau kali sob... wkwkk.

September 2016. Gw belum juga menyelesaikan penelitian gw. Yang gw juga gatau selesai kapan. Yang gw juga gabisa jawab kalau ada yang nanya kapan selesai, kapan balik ke Jogja, gw mau marah-marah aja kalo ada yang nanya gitu. Ditambah orang tua gw yang selalu nyuruh untuk segera selesai, ikut wisuda November. Dan sebagainya. Mereka semua yang nanya ga tau gimana susahnya menggantungkan hidup lo dengan makhluk hidup yang berukuran mikro itu. Mereka ga tau gimana gw berusaha sebisa mungkin untuk menyelesaikan ini semua, ditengah-tengah suasana yang baru, lingkungan baru, tanpa temen, tanpa orang yang bisa gw ajak ngobrol, dengan peneliti yang kadang menyalahkan gw karena gw salah pakai alat.. plis, gw terbiasa pakai alat-alat di UGM, bukan skala LIPI. Mereka ga ada yang bisa ngerti gimana gw tersiksa hidup penuh tekanan. Belum apa-apa dibanding dunia kerja, gw tau. Mereka juga ga tau gimana gw harus keluar malem-malem, tengah malem bahkan, untuk sampling setiap 8 jam sekali. Mereka cuma ngira gw yang menunda-nunda dengan ikut berbagai macam program keluar, atau sekedar main-main. Sini satu satu rasain dulu lah dari Cisitu Indah ke LIPI jalan kaki jam 11 malem, karena udah ga ada angkot. Ojek juga ga ada. Jalan harus muter ke pintu utama LIPI.

Sebegininya ya mau dapetin gelar akhir di belakang nama aja? Kadang, gw ngerasa ga adil dengan bobot skripsi yang ga sama. Bukan, bukan 6 sksnya, karena semua orang juga 6 sks. Gw cuma pengen aja gitu bikin skripsi kayak orang-orang, yang datanya cukup dengan sebar survey ke grup grup, dengan iming-iming pulsa gratis bagi yang beruntung. Atau mendalami suatu film/buku/apapun dan dianalisis sesuai dengan teori siapa. Atau yang pakai data sekunder. Ya pengen aja gitu, bukan ngebanding-bandingin... cuma pengen. Walaupun gw tau semua pasti punya kelebihan kekurangan, semua ada hikmahnya. Cuma gw aja yang belum dapet hikmahnya sampe sekarang.

Pasti kalo baca ini kesel sih karena isinya cuma berbagi penderitaan yang gw rasa berat banget, atau pengen banget terlihat gw adalah orang paling menderita, atau terlihat pengen membenarkan segala apa yang gw lakukan untuk mengeluh. Pasti langsung pengen yaelah-in gw karena gw juga hobi yaelah-in apapun.

Bukan apa sih, ini membuat gw berbalik ke awal tulisan ini, ke diri gw yang dulu. Lo gabisa sesuka hati nge-yaelah-in orang, karena semua orang punya alasan dibalik ga beresnya skripsi, dibalik ga lulus lulus. Gabisa sesuka hati nge-yaelah-in orang yang berkeluh kesah, di sosial media misalnya. Siapa tau, orang itu emang terpaksa mengeluh ke dunia biar setidaknya ada orang yang mengerti keadaan dia, atau sekedar menyapa untuk melegakan kesedihannya. Kayak gw ini. Eh... ga deng. Gw cuma butuh tiket konser Bigbang di Bangkok, sama tiket JYP Nation sekalian lah mumpung tanggalnya deketan.

1 comment:

 
Copyright © 2010 Nihlah Chalidah., All rights reserved
Design by DZignine. Powered by Blogger