Ke Jepang 2016

Karena kehidupan mlanya mlenye gw tidak ada kemajuan tapi gw mau nulis kehidupan gw disini dan disamping itu hidup gw hari ini sungguh jadi motivasi untuk orang-orang menghela nafas (baca: kerjaannya cuma diem dikosan makan super bubur rasa ayam pake boncabe lalu nonton Goblin episode 8 lalu nontonin BTS lalu buka buka instagram ngeliat Kirana (yha.. wkwk wkwk) gitu-gitulah definisi ga ada kerjaan) maka gw memutuskan akan menuliskan apa yang sempet jadi draft di blog gw, yang bahkan gw udah ngefolderin aja dong foto-fotonya karena dulu niat mau masukin di blog. Begitulah maka gw akan memulai.

Gw berangkat di bulan Juli, dengan tujuan awal karena (Alhamdulillah) gw dapet kesempatan ikutan Summer Course di Sugashima Marine Biological Laboratory, Nagoya University. Bidangnya sih Advanced Marine Biology, waduh sobat, basic gw di emang perikanan sih tapi ga yang ilmu begininya tapi gw waktu itu emang apply aja dan mencoba siapa tau bisa buka jalan buat ke Jepang dengan status mahasiswa non-liburan. Gw dapet infonya dari websitenya OIA UGM, kalo ga salah deadlinenya itu hari selasa dan infonya baru dipasang hari kamis. Gw dengan modal draft surat permohonan rekomendasi dan surat lainnya yang udah sering gw bikin (maklumin, hobinya apply segala hal hiks ya namanya juga usaha) langsung buru-buru ke akademik, dan nyiapin segala hal syaratnya. Semua terjadi begitu cepat.... sampe pada hari selasa seluruh syarat gw baru lengkap akhirnya gw kumpulin ke OIA dengan "yaudahlah, usahain aja dulu..", setelah sekian hari gw dihubungin lewat sms dan katanya gw lolos seleksi berkas dan bisa lanjut ke tahap wawancara. Wawancaranya dilaksanakan di Fakultas Biologi, yang setelah gw caritau ternyata tahun lalu summer course ini udah pernah ada dan yang berangkat itu 5 mahasiswa Fakultas Biologi. Waktu nunggu waktu wawancara, ketemu sama mahasiswa S2 (iya, ini buat S1 dan S2) dan juga 3 mahasiswa S1 anak Biologi. Berdasarkan percakapan gw dengan mereka jadi mereka itu taunya dari website OIA Fakultas Biologi, bukan dari OIA UGM dan mereka udah tau infonya lama. Jadi mungkin memang awalnya kembali cuma untuk Fakultas Biologi doang (yang ternyata gw baru tau pun kalo Nagoya University kerjasamanya sama Fakultas Biologi) lalu jadi dibuka buat seluruh mahasiswa UGM. Mungkin sih gw gangerti juga wkwk.

Wawancaranya ada 3 dosen Fakultas Biologi (1 diantaranya adalah Wakil Dekan, 1 diantaranya lagi adalah dosen Ekologi Perairan dulu) dan 1 dari OIA. Lumayan mencengangkan karena gw ga kenal siapa interviewernya kecuali dosen yang dulu pernah ngajar tapi dosennya itu dulu juga cuma setengah semester pertemuan. Suasananya beda sama waktu wawancara AIMS dulu. Selama wawancara gw ditanya hal hal yang bukan biasanya wawancara terjadi sih, ga ditanya tuh apa motivasi, kelebihan kekurangan, atau apalah itu yang gw duga-duga. Gw lebih ditanyain apa penelitian gw buat skripsi, apa yang gw tau tentang molecular biology (dan iya gw gatau apa-apa... ya mohon maaf aja ini), siapa nama professor yang mengampu summer course ini dan lain sebagainya. Gw bilang sih kalo emang molecular biology bukanlah bidang gw dan bla bla bla lalu gw yakinkan ke interviewer jika gw adalah anak yang mau belajar dan suka tantangan (hmm) dll tapi pihak dosen tetap terlihat meragukan statement gw. Gw udah bersiap untuk jadi cireng aja waktu itu pokoknya. Langsung sedih dan berasa kesempatan gw cuma tinggal 30% lagi. Ketika ditanya pengalaman apa yang terkait dengan akademik, nah ini gw lumayan bisa mengumpulkan kepercayaan diri gw (makasih AIMS hiks). Dan dengan jawaban gw itu pihak dosen lumayan terlihat angguk angguk kepala tidak terdeteksi apa arti anggukannya. Gw keluar ruangan dengan "yaudalah........." dan salah satu senior gw juga apply ini dan begitu senior gw keluar kita sama-sama mengalami hmm moment, dengan kepasrahan akhirnya gw balik kosan dan sebelumnya langsung beli batagor 7rb banyak banget tapi karena laper dan karena biar gw ga pusing mikirin abis wawancara tadi.

Setelah sekian lama ga ada kabar dari pihak Fakultas Biologi, OIA UGM atau dari Nagoya University, akhirnya yaudah gw sampe udah mulai lupa kalo pernah apply. Gw lagi sibuk apa ya waktu itu, jadi asisten praktikum Mikrobiologi kayaknya, yang lumayan menyita waktu.

Suatu siang jam 11an, gw yang lagi ngaso diem tiba-tiba ada telfon yang ternyata dari pihak OIA Fakultas Biologi UGM kalo ga salah nangkep dan gw mendapat kabar bahagia, walaupun juga mendapat kabar lain yang hampir membuat gw putus asa untuk berangkat, tapi walaupun akhirnya tetap bisa beneran berangkat. Alhamdulillah.

---

List nomor sekian dari 100:
Bisa ke Jepang dengan status mahasiswa dan non-liburan sebelum lulus: accomplished 

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2010 Nihlah Chalidah., All rights reserved
Design by DZignine. Powered by Blogger