Osaka > Fukuoka > Beppu > Hiroshima > Nagoya > Osaka #1

Osaka > Fukuoka > Beppu > Hiroshima > Nagoya > Osaka

Masih dengan gw yang mlanya mlenye ini dan gw memulai kehidupan perceritaan kisah gw ke Jepang kemarin. Setelah gw mendapat kabar diterima summer course di Nagoya University, gw bilang ke orang tua dan pada akhirnya sebuah keputusan bahwa gw akan berangkat lebih awal kesana sebelum summer course dimulai dipilih karena gw akan ke tempat adik gw dulu di Beppu. Dari Nagoya University dan UGM juga udah gapapa jadi hore disinilah dimulai.

Gw berangkat dari Jakarta tujuannya ke Osaka (tips: buat yang mau ke Jepang dengan tiket pesawat yang murah, sangat disarankan tujuannya ke Jakarta-Osaka (return flight), berlaku buat seluruh maskapai ga cuma LCC aja setelah gw survei pelan-pelan ke beberapa kota di Jepang). Gw naik pesawat yang transit di Bangkok, huhu sayangnya gabisa lama-lama disini padahal mau main dulu ketemu temen tapi ya gapapa. Sungguh jauh tapi tidak jauh ya Jepang itu... hahaha. Gw di pesawat udah mati gaya sebenernya karena lama banget, dari duduk, telentang, baringan guling-guling, bolak-balik ke toilet biar ga bosen, nonton film dan setelah lama akhirnya sampe juga di Osaka. Maklumin aja gapernah naik pesawat sejauh ini :( pernahnya naik kereta yang juga jauh tapi feelnya beda. Begitu landing, gw turun dengan super bahagia, gw yang biasanya jarang keliatan senyum sampe senyum-senyum terus sama pramugari pramugara (disamping itu pada ganteng dan cantik banget ga paham lagi). Bahkan sampe di immigration check point aja gw sampe dengan ikhlas dan tetep senyum bahagia mendahulukan bule yang lagi buru-buru, biasanya gw sih tetep mendahulukan tapi tetep ngedumel aja dalem hati, kali ini ga sama sekali. Efek bahagianya kenceng banget. Gw itu sampe di Osaka itu sore menjelang malem. Dan akan melanjutkan penerbangan berikutnya ke Fukuoka tapi besok paginya. Singkatnya gw harus nginep di Osaka gitu lah. Gw memutuskan untuk naro koper dan barang-barang gw yang super berat ini di locker (gw bawa berkilo kilo tempe kering untuk stok makanan Fadheel di Jepang, dan oleh-oleh buat temen gw juga dan untuk bekal gw juga di Sugashima), bawa juga titipan buat temen satu apartemen Fadheel dari orang tuanya buat lebaran, dan tentunya barang-barang baju gw. Tapi ternyata bagi gw yang irit dan prihatin ini lumayan mahal juga harganya, mungkin karena di airport kali ya. Jadilah gw kemana-mana bawa koper dan tas dan laptop yang super berat. Oh, karena waktu itu lagi puasa maka gw buka puasa dulu karena udah waktunya. Gw seciut itu sama bahasa Jepang, dan tiba-tiba kemampuan bahasa Inggris gw juga berasa lenyap dari diri gw maka gw cuma manfaatin bahasa tubuh dan dikit-dikit bahasa Jepang. Setelah gw muter dan gatau mau makan apa akhirnya makan ke McD. Yhaaa ga jauh-jauh ga di Jogja, Depok dimana aja ke McD. Sebenernya gw gatau sih mereka jual pork apa enggak karena di McD Thailand ada salah satu produk yang pake pork. Tapi dengan kekuatan bismillah dan paksaan gw yang super laper akhirnya beli lah gw 1 paketan chicken burger dan susu dan kentang.

Paketan chicken burger dan susu dan kentang kayaknya 500an JPY
Terus gw menyadari gw hampir kehabisan batere dan yaudah gw mencari colokan, dengan pinternya gw ga persiapin colokan gepeng jadilah gw ke Daiso dan beli colokan dengan harga 200 JPY (gatau juga kenapa harganya bukan 100 JPY, mungkin karena di bandara). Setelah gw makan dan keliling bandara sambil liat-liat, gw cari musholla. Ternyata di Osaka ada dan kosong, ga ada orang padahal mushollanya bagus banget, wow... muncul ide untuk oke daripada gw nitip barang gw kesana yang mahal kenapa ga gw taro disini aja (padahal tulisannya dilarang, hm maafkan anak sebatang kara ini). Kira-kira begini petunjuk arah musholla dan tempatnya gimana. Lebih bagus dari kebanyakan musholla di bandara di Indonesia, mungkin karena disini jarang ada yang pakai dan jadinya masih terlihat bagus atau gimana ya.. kurang tau juga. Gw menghabiskan waktu gw sangat lama di musholla, bahkan sempet ketiduran juga dan ga ada yang dateng ke musholla sampe gw pergi pun.

Gatau apa motivasinya foto begini.....
Setelah jam 4an pagi akhirnya gw bersiap cuci muka dan ganti baju (masih di tempat yang sama, musholla hiks maafkan aku tapi aku bisa berbuat apa), gw bersiap ke terminal satunya karena gw naik pesawat lokal, Peach Air. Seperti airport pada umumnya jam segitu udah mulai rame untuk yang akan flight pagi, banyak yang tidur di airport juga ternyata.. tapi ga di musholla kayak gw :( gimana dong :( pertama dan terakhir :( kemudian perjalanan ke terminal satunya sungguh jauh gw harus jalan super jauh dilanjutkan dengan naik shuttle bus, ya gapapa gw forever love Japan kok jadi gw tetep bahagia.

Setelah liat fotonya jadi baru inget, gw harus pindah dari Terminal 1 ke Terminal 2, walaupun gw sendiri tapi semua mudah dilakukan kecuali angkat-angkat koper dan barang yang super banyak karena informasi penunjuk arahnya super jelas gw gaperlu nanya orang lain (kayaknya emang cocok untuk tipikal orang Jepang yang kalo bisa sendiri ngapain minta bantuan orang lain). Sampe tempat nunggu shuttle bus lagi-lagi gw sendiri tanpa ada yang menemani, tidak ada oppa oppa huhu. Tidak apa-apa. Setelah menunggu karena belum jadwalnya shuttle bus beroprasi (iya, ini tuh emang sepagi itu gw udah bersiap), setelah gw berkali-kali login wifi di 711 sana karena pake kuota waktu, akhirnya ada orang juga yang antri mau pake shuttle bus ke terminal 2. Ada yang terlihat mau berangkat kerja, cewek sama cowok sungguh keduanya sangat menarik dengan penampilan yang bikin gw berkata "waduh apalah gw ini..", dan ada juga keluarga yang sepertinya hendak mudik ke bagian Jepang lain dan ada mbak mbak yang sungguh fierce (hmm) gimana deskripsiinnya pokoknya begitu. Gw masuk bis pertama jadi dengan kekuatan kamera yang digantung di leher gw langsung foto bisnya dengan cepet sebelum ada orang karena kalo ada orang pasti gw terlihat tidak sopan kalo foto-foto suasana walaupun keliatan banget gw turis yang baru pertama kali karena keliatan super norak... wkwk. Bisnya bagus, tepat waktu, ah makin cinta aku sama Jepang ini.

Sampe di terminal 2 pun belum sepenuhnya buka sih, bener-bener sepagi itu tapi lupa pastinya jam berapa. Setelah nunggu beberapa lama akhirnya bisa juga check in, dan boarding passnya sungguh terlihat kayak struk belanja di Indomaret tapi super cute karena tulisannya Jepang (ya... iyalah...). Lalu menunggu di waiting room dan isinya semua orang Jepang, kayaknya cuma gw yang muka Indonesia, dan cuma gw yang pake jilbab. Kayaknya dari mata memandang sih ga ada turis juga, mungkin karena penerbangan lokal dari Osaka ke Fukuoka kali ya, atau mungkin ini terlalu pagi jadi ga banyak turis, ga nyambung sih wkwk. Semua terlihat sangat bagus walaupun mereka cuma pake kertas buat nunjukin bisa naik ke pesawat, emang hidup kalo dari sananya udah positif sih apapun juga terlihat positif aja gitu terus wkwk. Lalu udah mau naik pesawat dan ya ampun makin gemes karena pesawatnya warna ungu!!!! Kenapa sih lucu banget Peach Air, super suka. Dalem pesawat disamping ga ada orang padahal pengen ngerasain ngobrol akhirnya karena juga ngantuk sepanjang perjalanan cuma tidur, sayang banget :( walaupun ya sama aja sih pasti awannya ga bakal beda haha. Pramuraginya sangat lucu dan cantik kenapa semua terlihat bagus, kenapa.

Sepertinya sekitar 1 jam berikutnnya sudah berhasil mendarat di Fukuoka, lalu turun dan masih tetep senyum-senyum lalu menunggu dijemput Fadheel, duduk di kursi tunggu bersama rombongan tour yang sepertinya ketinggalan pesawat dan akhirnya mereka pada pake shinkansen.

Cerita di Fukuoka, selanjutnya...